Ketahui Teknologi Blockchain dan bitcoin bagaimana cara kerjanya?

Ketahui Teknologi Blockchain dan bitcoin bagaimana cara kerjanya?

satuparagraf.com – Ketahui Teknologi Blockchain dan bitcoin bagaimana cara kerjanya? – Database elektronik besar atau Buku Besar yang didistribusikan di seluruh node dalam jaringan komputer disebut blockchain. Blockchain adalah platform  informasi elektronik yang disimpan secara digital.

Blockchain terkenal karena menyimpan catatan transaksi yang aman dan terdesentralisasi dalam sistem cryptocurrency seperti Bitcoin. Di blockchain, data diverifikasi dengan kesetiaan dan keamanan tanpa campur tangan pihak ketiga dan kepercayaan dibuat tanpa keterlibatan kelompok yang berbeda.

Bacaan Lainnya

Perdagangan Bitcoin dengan Revolusi Bitcoin  bertujuan untuk memfasilitasi pengalaman premium bagi semua pedagang  sehingga mereka dapat belajar dan menghasilkan pada saat yang sama. Selain itu, platform ini membantu para pedagang untuk mulai menghasilkan uang dalam jumlah besar  dengan membuat pilihan yang tepat. Ini membutuhkan riset pasar mendalam  yang hanya dapat dilakukan setelah Anda mulai mengamati perubahan yang terjadi di sekitar Anda.

Ini adalah jenis perubahan yang  dibawa oleh  pertukaran crypto seperti Binance seperti yang akan dibahas blog ini.  Data dalam blockchain berbeda dari database biasa. Blok, yang menyimpan kumpulan informasi, dibentuk dengan menyatukan informasi  dalam kelompok yang disebut blockchain. Blockchain adalah rantai data yang terbentuk ketika sebuah blok selesai dan terhubung ke blok sebelumnya.

Setelah blok yang baru ditambahkan telah diisi, informasi baru apa pun yang mengikuti blok itu akan ditambahkan ke blok yang baru dibuat. Blockchain, seperti namanya, mengatur datanya ke dalam blok (blok) yang dapat dihubungkan satu sama lain, sedangkan database biasanya mengatur datanya ke dalam tabel. Blok menjadi bagian dari garis waktu saat diisi. Pada saat menambahkan blok ke rantai, setiap blok diberi stempel waktu yang tepat.

Mengenal Apa itu Blockchain 

Mengutip dari team ahli ekonomi  Blockchain adalah rantai catatan data yang dikelola oleh sekelompok komputer  di mana tidak ada entitas tunggal, Blockchain seperti buku besar digital yang dapat diakses oleh semua orang. Perlu diketahui bahwa blockchain dan crypto-assets seperti bitcoin, binance dan tron ​​sangat berbeda karena crypto-assets adalah salah satu cryptocurrency yang fungsinya berbeda dengan blockchain.

Ketika seseorang memperdagangkan aset kripto, jejak digital  disimpan di Blockchain atau buku besar digital. Sidik jari digital  tidak akan mudah diganti atau diretas karena blockchain harus diverifikasi oleh jutaan komputer yang sebelumnya menyimpannya. Selain transparansi, blockchain juga memberikan perlindungan privasi karena semua entri  dibuat dengan nama samaran dan tidak ada  yang memiliki otoritas  atau kekuasaan tertinggi atasnya.

Semua informasi yang disimpan telah dienkripsi sebelumnya sehingga tidak dapat dibaca oleh orang yang  tidak berwenang. Kini setelah teknologi Blockchain menjadi populer di Indonesia,  banyak orang  mulai memainkan blockchain tidak hanya di dunia IT tetapi juga di masyarakat umum.

Ketahui Teknologi Blockchain dan bitcoin bagaimana cara kerjanya?
Ketahui Teknologi Blockchain dan bitcoin bagaimana cara kerjanya?

Bagaimana cara kerjanya?

Tujuan dari teknologi blockchain adalah untuk merekam dan menyebarkan informasi secara digital tanpa mengedit. Blockchain adalah platform untuk buku besar yang tidak dapat diubah, yaitu catatan transaksi yang tidak dapat diubah, dihapus, atau dihancurkan. Distributed Ledger Technology (DLT) juga dikenal sebagai blockchain. 

Bayangkan sebuah perusahaan memiliki peternakan server dengan 10.000 komputer yang digunakan untuk memelihara database yang berisi semua informasi akun pelanggannya. Semua komputer ini berada di bawah satu atap di gudang milik perusahaan ini, yang memiliki kendali penuh atas setiap komputer dan data yang ada di dalamnya. Tapi ini menciptakan satu titik kegagalan.

Bagaimana jika listrik di tempat ini padam? Bagaimana jika koneksi internet komputer terputus? Bagaimana jika itu benar-benar terbakar? Bagaimana jika orang jahat menghapus semuanya dengan satu klik? Informasi  hilang atau rusak.  Data yang disimpan dalam database ini sekarang dapat didistribusikan ke beberapa node jaringan  di lokasi yang berbeda menggunakan blockchain.

Ini tidak hanya menambah redundansi, tetapi juga menjaga keakuratan data yang disimpan di sana; jika catatan dicoba untuk dimodifikasi pada instans DB, node lain tidak akan dimodifikasi, mencegah pelaku jahat melakukannya. Semua node lain akan  merujuk satu sama lain dan dapat dengan mudah mengidentifikasi pengguna yang memalsukan riwayat transaksi Bitcoin.

Sistem ini membantu untuk menetapkan urutan kejadian yang akurat dan jelas. Ini mencegah setiap node  jaringan memodifikasi data di dalamnya. Pikirkan teknologi blockchain dari perspektif bisnis sebagai generasi baru perangkat lunak peningkatan proses bisnis. Blockchain dan teknologi kolaboratif lainnya berjanji untuk secara signifikan mengurangi “biaya kepercayaan” dengan meningkatkan proses bisnis yang terjadi di antara bisnis.

Oleh karena itu, dibandingkan dengan sebagian besar investasi orang dalam konvensional, ia dapat menawarkan pengembalian yang jauh lebih tinggi per dolar yang diinvestasikan.  Kemungkinan menggunakan teknologi blockchain untuk merevolusi segalanya mulai dari kliring  hingga asuransi sedang dieksplorasi oleh lembaga keuangan.

Read Money bukanlah tujuan pertama untuk pengenalan cryptocurrency. Kami melihat hari-hari awal bitcoin dan menyajikan data survei tentang keakraban konsumen, penggunaan, dan topik lainnya. Kami juga mengkaji bagaimana pelaku pasar, seperti investor, penyedia teknologi, dan lembaga keuangan, akan terpengaruh oleh perkembangan pasar.

Manfaat potensial dari inovasi penting ini dieksplorasi dalam Panduan Strategi Blockchain, yang juga memberikan panduan kepada lembaga keuangan tentang cara untuk bergerak maju. Selidiki potensi ancaman yang ditimbulkan oleh teknologi blockchain terhadap bisnis Anda dan cara-cara potensial  teknologi tersebut dapat membantu  bisnis Anda bergerak maju.

Blokchain : Bagaimana Layanan Keuangan Dapat Membangun Kepercayaan di Blockchain Mengatasi beberapa masalah audit internal dan lainnya yang dapat terjadi dengan solusi blockchain, dan bagaimana memulainya. Meskipun terjadi lebih jarang  dan dengan lebih sedikit kemeriahan  daripada yang terjadi beberapa tahun yang lalu, pengumuman blockchain terus berlanjut. Namun, teknologi blockchain memiliki potensi untuk memberikan industri jasa keuangan masa depan  kompetitif yang sangat berbeda dari saat ini.

Fungsi Blockchain perlu di ketahui

Blockchain memiliki beberapa fungsi dan Anda dapat menggunakannya untuk masalah tertentu, terutama di sektor keuangan. Blockchain bertindak sebagai buku besar digital yang dapat diakses oleh banyak orang  kapan saja dan dalam keadaan apa pun.

Anda tidak perlu persetujuan  siapa pun. Dengan adanya teknologi keamanan otomatis, penipuan diminimalkan dalam semua transaksi. Memang, penggunaannya akan didasarkan pada keamanan dan transparansi.  Selain  keuangan,  Blockchain akan dapat berkontribusi di bidang lain. Pada tahun 2018, McKinsey memetakan peluang untuk menggunakan Blockchain di banyak bidang. 

Contoh penggunaan Blockchain antara lain di bidang media, telekomunikasi, aset medis  hingga sektor pertanian. Dalam dunia medis, blockchain berguna untuk menyimpan data pasien, sedangkan dalam politik, orang dapat menggunakan teknologi ini  untuk pemungutan suara digital. Di dunia kuliner, blockchain dapat  digunakan untuk melacak seberapa sehat makanan itu.

Kelebihan Dari Teknologi Blockchain

Pertanyaan yang sering diajukan adalah: apa manfaat Blockchain ketika orang menggunakannya? Tentu saja, Anda akan menghemat waktu dan lebih cepat, dan keamanan Anda akan lebih terjaga.

Selain itu, tentunya akan lebih menghemat biaya Anda dengan  3 pilar utama Blockchain, yaitu desentralisasi, transparansi, dan kekekalan. Kekekalan di sini berarti bahwa data  di dalamnya tidak dapat dimanipulasi dan diubah secara sewenang-wenang.Ketahui Teknologi Blockchain dan bitcoin bagaimana cara kerjanya?

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *