Cara mengoptimalkan tenaga BMW 323i tahun 1998

BMW 323i upgraded to 3000cc

BMW E36 1991-1999

hello everybody, kesempatan ini, saya hendak membagikan pengalaman saya dalam mengoptimalkan tenaga dari mesin BMW M52B25. BMW ini terlahir dengan nama BMW 323i. Kode chassis E36.

Dikalangan penghobi BMW tua, kita sering menyebutnya E36 M52B25. Pengkodean ini lebih membuat kita menjadi sedikit lebih terlihat pintar. E36 M52B25, adalah generasi terakhir BMW seri 3 yang paling bertenaga dan dijual di Indonesia ketika itu. Tahun terakhir yang saya catat adalah tahun 1998. Seperti punya saya ini. Setelahnya digantikan generasi dengan kode chassis E46 mulai tahun 2000. Mesin M52B25 terlahir dengan power 171HP dan torsi maks di 245Nm. Power output ini menjadi lebih kecil ketika diukur diroda. Dalam tulisan ini mesin M52B25 ini kemudian akan dioptimalkan sedemikian rupa hingga 44% lebih besar Horse Power (HP) asal dan torsi lebih besar 34% dari torsi sebelumnya.

Sebagai catatan, aliran modifikasi saya adalah aliran yang sopan-sopan saja. Maksudnya mobil tetap nyaman dikemudikan sehari-hari, tidak bersuara keras seperti mobil balap baik ketika idle maupun pada RPM menengah. Namun tetap beringas ketika kita memintanya berakselrasi seperti mobil balap. Secara umum yang dilakukan adalah:

  • Stroke up engine dengan stroker 3000cc. Ini adalah start yang paling mudah. biaya sekita3 30-35 juta rupiah dengan kenaikan power sekitar 28%. Dan kenaikan torsi sekitar 40%.
  • Gunakan Intake manifold dari mesin M50B25. Biaya sekitar 3 jutaan. disini kenaikan torsi lebih terasa sekitar 3%
  • Double pipe di knalpot. biaya total sekitar 8-9jutaan. Dalam pengalaman saya penggunaan ini memperbaiki kurva torsi. torsi lebih mudah dicapai di RPM rendah. Pas untuk kendaraan harian
  • Pakai camshaft ex dari M54B30. Harap diingat, instalasinya tricky karena gear helix nya harus di bubut beberapa mm supaya tidak ada gangguan pada mekanisme VANOS. Opsi lain adalah menggunakan camshaft M3 atau atau market seperti shrick. Biaya sekitar 2 jutaan
  • Jika dibutuhkan, remap kembali ECU, atau gunakan UNICHIP untk atur AFR sehingga lebih optimal. Biaya maksimal 5 jutaan
  • Jika dibutuhkan, perbesar injector dengan menggunakan injector pink, bawaan M52B28. Injector ini debit bensin lebih besar. tapi harap diingat, pemakaian injector ini hanya baik jika AFR di tuning lagi, bisa dengan UNICHIP tadi. Biaya maksimal sekitar 5 jutaan.

Nah kurang lebih demikin, tips dari saya. Hasil tuning engine ini bisa berbeda-beda setiap mobil. Perbedaan terutama karena kondisi engine awal mesin M52B25 yang menjadi object modifikasi sudah cukup berumur. Total biaya, coba Anda jumlahkan saja total semuanya biaya di atas. 🙂

Tips terakhir dari saya, dalam melakukan tuning Anda harus konsisten melakuakan pengukuran hasil dengan mesin Dyno. rekomendasi saya adalah Kahtulistiwa Suryanusa di Jalan Pramuka Jakarta Pusat atau di Sigma Speed jalan Gatot Subroto Jakarta Pusat. Bahaya jika melakukan test nya di jalan raya, selain itu juga sangat sangat tidak akurat. metodologi pengukuran tetap yang penting dalam proses reengineering mesin.

Untuk bengkel, saya punya rekomendasi seperti PAG di jatiwaringin, bengkel ini jago banget nanganin mesin balap. Bang Posma sudah terbiasa melakukannya. Bengkel kedua adalah adalah TAB di radio dalam. Sebelumnya di Pondok pinang. Ada mekanik Pak Iwa Sartiwa disini yang bisa di ajak diskusi tentang pengalamannya. Selain menggunakan jasa-jasa bengkel berpengalaman, saya pribadi melakukan beberapa testing dan tuning yang untuk kepuasan pribadi semata. Biayanya diluar biaya yang saya sebut diatas.

Banyak mekanik dan tuner yang sudah jago mentuning mesin M52, apa yang saya tuliskan di atas hanya sebagai pengetahuan pelengkap saja. Silahkan konsultasi dengan tuner-tuner masing-masing ya.

Salam tuning ya..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s